Tubes Mosi by Chairun Nisa (1102120184)

Ina Cookies adalah salah satu usaha kue kering yang berdiri pada tahun 2004. Salah satu pelopornya adalah Ali Aljufri yang merupakan salah satu mahasiswa Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) Telkom Economics and Business School (TEBS)  Telkom University. Awal mulanya usaha ini berdiri adalah mencoba menjual kue kering pada saat bulan Ramadhan dan pada saat itu mendapatkan hasil yang cukup banyak.

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Perusahaan Ina Cookies yaitu salah satu ksulitan yang dihadapinya adalah menentukan jumlah produksi otptimal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Kesulitan  ini terjadi dikarenakan perusahaan Ina Cookies sudah sangat berkembang dan memiliki banyak distributor diberbagai wilayah. Permintaan akan kue kering Ina Cookies ini sendiri sangat tidak terkendali. Dari mulanya Ina Cookies memproduksi 1500 toples per-hari nya, namun kini Ina Cookies harus memproduksi 4000 toples perhari, dikarenakan permintaan dari tiap ditributor yang selalu meningkat.

Walaupun permintaan kue kering Ina Cookies selalu meningkat, perusahaan ini terkadang  tidak dapat memenuhi permintaan tersebut dikarenakan jumlah tenaga kerja yang terbatas. Terkadang, perusahaan Ina Cookies dapat menarik pekerja cabutan untuk memenuhi permintaan tersebut, namun dengan menambah pekerja tidak tetap tersebut membuat keuntungan perusahaan terebut menurun. Oleh karena itu, perusahaan Ina Cookies membatasi jumlah produksi yaitu 4000 toples per hari nya, dengan jam kerjanya selama 8 jam.

ghj

  • Diagram situasi permasalahan

hjk

  • Identifikasi sistem dari sudut pandang pemilik masalah dan analis
    • Pemilik : pemenuhan demand
    • Analis : penambahan jumlah tenaga kerja tetap yang memiliki skill dalam pembuatan kue kering

                       Batasan Sistem:

  1. Batasan pada sistem : proses yang dilakukan oleh Perusahaan Ina Cookies
  2. Lingkungan : konsumen, perusahaan pemasok bahan baku
  3. Menurut pandangan tersirat : sistem manajemen perusahaan harus tertata dengan baik agar dapat memenuhi demand, sehingga dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

 

Sistem Relevan:

hjkl

  • 6 Elemen Permasalahan
Decision Maker Perusahaan Ina Cookies
Objective Mencapai keuntungan tertinggi
Decision Criterion Meminimasi ongkos produksi
Maksimasi total pendapatan
Perfomance Measure Omset meningkat setiap tahun
Demand terpenuhi
Meningkatnya kepercayaan konsumen
Alternative Course Meningkatkan jumlah tenaga kerja
Menentukan jumlah produksi optimal
Context Fluktuasi permintaan
Infrastruktur yang ada
  • 4 Stakeholder
Problem Owner Perusahaan Ina Cookies
Problem User Tenaga Kerja
Problem Customer Konsumen
Problem Analyst Kelompok
  • Hirarki sistem terkait permasalahan

ghjjj

 

 

  • Bentuk pengendalian (control of system) yang dapat dilakukan

Kami menganalisis bahwa dalam permasalahan ini menggunakan pengendalian Closed Loop Control . Analisis dari permasalahan yang dialami oleh Perusahaan Ina Cookies adalah jumlah tenaga kerja. Jika tenaga kerja mencukupi, maka jumlah demand juga akan terpenuhi. Begitu pula sebaliknya, jika jumlah tenaga kerja tidak mencukupi, maka jumlah demand tidak akan terpenuhi.

adkada

  • Gambar influence diagram
  1. Analisis
    1. Penentuan sistem relevan dan batasan sistem

Sistem Relevan yang kami analisis adalah sebagai berikut. Dengan Input yaitu:

  • bahan baku sebagai bahan dasar dari usaha kue kering ini
  • tenaga kerja yang merupakan faktor penting untuk menjalankan usaha kue kering ini
  • lingkungan irrelevan yang termasuk perusahaan pemasok bahan baku untuk mendukung jalannya usaha kue kering ini

Sedangkan proses yang dilakukan oleh perusahaan Ina Cookies ini terdiri dari 2 proses, yaitu:

  • proses produksi kue kering yang meliputi proses pembuatan adonan, proses pencetakan adonan, dan proses packaging
  • Proses pengendalian tenaga kerja yang meliputi pelatihan untuk tenaga kerja agar dapat menguasai dalam pembuatan kue kering ini

Output yang dihasilkan dari input dan proses ini yaitu:

  • kue kering yang akan didistribusikan kepada konsumen
  • hasil dari pelatihan yang diberikan kepada tenaga kerja memberikan output berupa kepuasan pelanggan dari segi rasa maupun segi kualitas, sehingga menyebabkan permintaan meningkat setiap harinya.

Leave a comment